YAMAHA Lebih Cepat Pakai Ban Michelin

Minggu, 27 Januari 2008 | | 0 komentar |



Keputusan Valentino Rossi untuk memakai ban Bridgestone, untuk sementara, masih belum memberi keuntungan. Uji coba di Sirkuit Sepang, Malaysia, 22-24 Januari lalu, masih menunjukkan bahwa motor Yamaha YZR-M1 lebih cepat pakai ban Michelin. Khususnya untuk kebutuhan kualifikasi.

Pada hari terakhir uji coba, Rossi dan pasangannya di Fiat Yamaha, rookie Jorge Lorenzo, sama-sama menjajal ban kualifikasi di sirkuit 5,5 km tersebut. Hasilnya, Lorenzo mampu melaju lebih dari setengah detik lebih cepat. Lorenzo mencatat 2 menit dan 00,766 detik, sedangkan Rossi 2 menit dan 01,425 detik.

Pada hari terakhir itu, Lorenzo mencatat waktu terbaik ketiga di belakang Nicky Hayden (Repsol Honda) dan Casey Stoner (Ducati Marlboro). Rossi terpuruk di urutan enam.

Usai uji coba, saat menyampaikan evaluasi, secara keseluruhan Rossi masih mengaku positif. Tapi, dia juga mengaku masih harus menemukan solusi lebih baik dalam setelan. Khususnya setelan kualifikasi.

"Kami tentu banyak bekerja bersama Bridgestone, dan kami menemukan banyak hal positif. Tapi kami masih harus memperbaiki performa kualifikasi. Kami butuh lebih banyak waktu untuk memahami setelan motor ini dengan ban lunak (Bridgestone). Kami akan melakukannya pada latihan selanjutnya," papar pembalap 28 tahun itu.

Sebaliknya, Lorenzo mengaku sangat senang dengan performa ban lunak Michelin. "Saya mampu memperbaiki catatan waktu secara signifikan. Saya benar-benar senang dengan hasil kerja tim. Tak sabar rasanya menjalani latihan selanjutnya, supaya kami bisa lebih cepat lagi," kata pembalap Spanyol itu.

Usai latihan tiga hari ini, Fiat Yamaha akan istirahat dulu sepuluh hari. Beda dengan beberapa tim lain, yang langsung melanjutkan latihan di Phillip Island, Australia. Fiat Yamaha baru akan latihan lagi di Sepang, 5-7 Februari mendatang.

Tahun ini, Rossi memang ngotot minta pakai Bridgestone, seperti yang dipakai Stoner menjadi juara dunia tahun lalu. Keputusan ini membuat Fiat Yamaha harus membelah tim. Satu garasi mengurusi Rossi, garasi lain mengurusi Lorenzo.

Keputusan ini juga membuat panas Michelin, yang telah menyatakan tekad akan "membalas" Rossi. Produsen Prancis itu mengaku akan melipatgandakan upaya untuk mengalahkan Rossi dan Bridgestone. (aza)

| | 0 komentar |

Casey Stoner Dapat Gelar Pemuda Australia Terbaik



Casey Stoner, mendapat pengakuan dari bangsanya. Juara dunia MotoGP 2007 itu dianugerahi gelar Pemuda Australia Terbaik Tahun Ini (Young Aussie of The Year). Tidak tanggung-tanggung, anugerah ini diberikan sendiri oleh PM Australia, Kevin Rudd, Jumat (25/1) malam, di Canberra.

Meski telah bertahun-tahun melanglang ke mancanegara, sentimen nasionalisme tetap menyala dalam diri Stoner. Ia menyatakan, anugerah Pemuda Terbaik Australia Tahun Ini terasa lebih menyentuh hati, ketimbang kala meraih gelar juara dunia MotoGP.

”Tenggorokan saya terasa kering,” ujar Stoner kala mengungkapkan perasaannya ketika menerima anugerah, seperti dikutip news.com.au, Sabtu (26/1).

Stoner tampil mengesankan pada laga MotoGP musim 2007. Bersama tim Ducati Marlboro, ia memenangi 10 dari 18 seri.(*)

Hari Kedua Latihan Sepang, YAMAHA Tersenyum

Kamis, 24 Januari 2008 | | 1 komentar |

Kubu Yamaha sudah bisa tersenyum. Setelah mengawali uji coba dengan buruk, kemarin pabrikan Jepang itu sudah mampu mencatat waktu mengesankan.

Colin Edwards, andalan Yamaha Tech 3, mencatat waktu terbaik kedua di belakang De Puniet. Pasangan Fiat Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, berada di urutan tiga dan empat.

Hasil Hari Kedua :

1. Randy de Puniet, Honda LCR 2 menit 01,139 detik

2. Colin Edwards, Yamaha Tech 3 2:01,327

3. Valentino Rossi, Fiat Yamaha 2:01,437

4. Jorge Lorenzo, Fiat Yamaha 2:01,583

5. Casey Stoner, Marlboro Ducati 2:01,638

6. John Hopkins, Kawasaki 2:01,874

7. Loris Capirossi, Rizla Suzuki 2:01,917

8. A. Doviziozo, JiR Team Scot Honda 2:02,006

9. Shinya Nakano, Honda Gresini 2:02,095

10. Nicky Hayden, Repsol Honda 2:02,102

11. James Toseland, Yamaha Tech 3 2:02,276

12. Chris Vermeulen, Rizla Suzuki 2:02,371

13. Anthony West, Kawasaki 2:02,579

14. Alex de Angelis, Honda Gresini 2:02,914

15. Toni Elias, Alice Team Ducati 2:03,311

16. Marco Melandri, Ducati Marlboro 2:03,380

17. Olivier Jacque, Kawasaki 2:03,462

18. Sylvain Guintoli, Alice Team Ducati 2:04,217

19. Serizawa, Kawasaki 2:04,382

20. Niccolo Canepa, Ducati Test 2:04,427


Catatan: Dani Pedrosa (Repsol Honda) absen, pulang ke Spanyol untuk operasi lengan kanan yang retak tulang.

Wawancara dengan Valentino Rossi: Siap 100%

| | 0 komentar |














Disela-sela launching team FIAT YAMAHA di Turin, Italia, Rossi yang berpenampilan baru dengan rambut plontosnya ternyata masih punya impian buat YAMAHA. Dan berkut petikan wawancaranya.

Tanya: Valentino pertama kali saya bertanya bagaimana dengan kondisi tanganmu selepas cedera di Valencia lalu?

Valentino Rossi:

Kondisinya sekarang jauh lebih baik, setelah sempat absen di tes Sepang saya, saya baru bisa naik motor lagi akhir November lalu di Jerez. Memang masih belum sembuh benar karena masih ada beberapa pen yang masih menancap tapi gak usah khawator semua is ok saja. Setelah menjalani terapi penyembuhan sekarang saya telah siap 100% untuk tes pertamaku tahun 2008 ini.


Tanya: Kamu mungkin sempat kecewa dengan hasil musim lalu, dan sekarang apakah kamu kelihatan lebih segar untuk menatap musim ini.

Valentino Rossi:
Yah yang terpenting sekarang belajar dari penampilan burukku di musim 2007 dan sekarang saya yakin saya mampu berlomba dengan baik, setelah masa istirahat yang lama ibarat baterey saya telah dicharge dan siap tampil lebih baik musim ini.

Tanya:
Rossi kamu membuat pilihan mencengangkan saat memilih ban Bridgestone musim ini. Dapatkah kamu ceritakan bagaimana perasaan kamu dengan dokabulkannya perminttan kamu untuk tak memakai Michelin? Apakah kamu yakin dengan keputusanmu ini?

Valentino Rossi:
Yah saya sangat percaya diri dengan ban Bridgestone dan saya telah bekerja dengan banyak orang di team ini untuk pengembangan motor saya. Saya senang dengan keputusan saya, Ini pilihan sulit namun saya optimis kok.

Tanya:
Selama beberapa kali mencoba motor baru YAMAHA M1 2008 apakah kamu merasa nyaman?

Valentino Rossi:
Saya telah mengenal karakter motor ini karena di akhir musim saya beberapa kali mencobanya, semua serba baru dengan pengembangan tentunya. Saya yakin dengan team saya untuk berbuat lebih baik bagi pengembangan motor ini.

Tanya:
Ini pertanyaan agak spesifik, apakah kamu memerlukan konsentrasi berlebih jelang balap Qatar nanti?

Valentino Rossi:
Tentu saya sangat berkonsentrasi dan mungkin ban menjadi pemicu faktor maksimal kerja team saya. Saya juga memerlukan pengembangan dari emsin baru saya agar lebih baik dari musim lalu. Saya sekarang dalam motivasi berlomba yang 100 % siap dan lebih percaya diri.

| | 0 komentar |

Hayden : Mesin Baru Honda tidak ada Terobosan…





Setelah mencoba Honda dengan mesin baru Pneumatic-Valve, pada hari kedua tes di sirkuit Sepang, Malaysia. Nicky Hayden masih belum merasa puas dengan mesin teknologi baru dari Honda ini. Bagi Hayden mesin generasi terbaru Honda ini masih belum menunjukan performa terbaiknya.

Dalam tes hari itu, motor Hayden kalah cepat dari motor RC 212V Randy de Puniet yang hanya tergabung dalam tim Satelit LCR. Sementara Hayden hanya mampu meraih peringkat 9 tercepat, itu pun hanya menggunakan mesin “standar”, meskipun menggunaka chasis yang baru.

Namun ketika Honda memasang mesin Pneumatic-Valve baru-nya, justru terjadi kesulitan di bagian suspensi depan motor Hayden. Namun Hayden masih menaruh harapan besar terhadap timnya, setelah sehari sebelumnya Hayden memperingatkan bila tidak ada kemajuan maka untuk balapan musim ini mungkin akan menemui kegagalan.

Kini Hayden harus mencari akal untuk meraih hasil bagus pada balapan tes ketiga dan keempat. Sementara untuk tes di Sepang kali ini, pembalap Amerika tersebut tidak akan di temani rekannya, Dani Pedrosa yang mengalami kecelakaan kemarin. (irac)

Cedera Tangan, Pedrosa Absen 6 Minggu

| | 0 komentar |


Pedrosa yang mengalami kecelakaan di Sepang, dikabarkan akan segera menjalani operasi pada tangannya. Sebelumnya pembalap Spanyol ini mengalami kecelakaan hebat yang mengakibatkan motor Honda yang dikendarainya meledak dan terbakar.

Pembalap Repsol tersebut mengalami patah tulang tangan kanannya dan di perkirakan harus menjalani masa pemulihan selama 6 minggu. Menurut situs resmi MotoGP, Pedrosa telah di operasi di Barcelona oleh dokter Xavier Mir. Operasi tersebut berjalan dengan sukses, meskipun dokter tersebut masih belum bisa sampai kapan pembalap muda Spanyol tersebut harus beristirahat.

Apabila benar Pedrosa harus beristirahat selama 6 minggu, kemungkinan besar ia tidak akan bisa mengikuti tes berikutnya di Phillip Island, Sepang serta Jerez. Namun Pedrosa akan memulai langsung balapannya di seri pembuka GP Qatar.


(Sumber : Indonesianracing.com)

Aksi Rossi Ditandai dengan Kecelakaan

| | 0 komentar |


Mantan juara dunia MotoGP 5 kali, Valentino Rossi menandai kembalinya dengan kecelakaan. Hal ini terjadi ketika Rossi bersama pembalap-pembalap lain sedang melakukan tes hari pertama di Sepang, Malaysia. Rossi mengalami kecelakaan yang aneh, saat ia jatuh dari motor barunya Yamaha M-1, saat baru keluar dari tikungan hairpin.

Meskipun sempat melayang di udara, pembalap Italia tersebut mampu berdiri kembali dan membawa motornya ke dalam pit. Rossi yang mengincar juara dunia ke enam kali dalam ajang ini, akhirnya berhasil meraih peringkat ke-6 tercepat 1,1 detik di belakang Randy De Puniet.

Meskipun mengaku masih merasakan sakit di tangannya akibat kecelakaan yang di alaminya di Valencia tahun lalu, Rossi merasa senang bisa kembali mengendarai motornya. Dengan rangkaian hasil buruk yang di perolehnya tahun lalu, mampu memberi pelajaran baru bagi Rossi untuk mengembangkan prestasinya pada musim ini, terutama setelah Bridgestone masuk untuk mensuplai ban bagi dirinya.

Mesin baru yang di pakai Rossi pada tahun ini mengetengahkan teknologi Pneumatic, yang pada balapan tahun lalu di tinggalkan oleh Rossi pada pertengahan musim. Namun pada musim ini Rossi akan mencoba peruntungannya dengan menggunakan mesin tersebut pada musim ini.


(Sumber : Indonesianracing.com)

Manajer Fiat Yamaha Takut Rossi akan Pergi

| | 0 komentar |


Tim manager Fiat Yamaha Davide Brivio, takut Rossi akan meninggalkan tim-nya pada akhir tahun ini jika Yamaha tidak menunjukan perkembangan sama sekali. Melihat hasil buruk musim lalu, dimana Rossi tidak mampu mengimbangi pembalap Ducati Casey Stoner, merupakan hasil yang buruk bagi “The Doctor”.

Lewat wawancaranya melalui tabloid olahraga Gazzeta Dello Sport, Brivio mengutarakan keyakinannya Rossi akan keluar bila hasil buruk kembali di perolehnya tahun ini. Performa motor baru Yamaha merupakan kunci bagi tetap atau tidaknya Rossi berada di timnya pada balapan musim 2009.

Brivio yakin pada balapan musim ini, tantangan akan datang lagi dari Tim Juara Ducati, serta Honda yang mendapat pasokan ban baru dari Michelin. Honda akan di dukung penuh oleh Michelin, mengingat timnya mendepak Michelin dari perjanjian kerjasama dan sudah pasti aroma dendam akan tercium dari Michelin.

Italiano satu ini, membantah dirinya akan menjadi manajer Rossi menyusul pisahnya Rossi dengan Gibo Badioli tahun lalu. Fiat Yamaha telah meluncurkan motor terbarunya untuk balapan musim ini, di Giovani Agnelli aditorium di kota Turin kemarin. Seperti hal nya musim lalu, pada balapan 2008 motor Rossi akan berubah warna di beberapa seri tertentu.
(Sumber : Indonesianracing.com)

Ducati Khawatirkan Kekuatan Honda

| | 0 komentar |


Ducati takut akan kekuatan Honda di musim balap MotoGP tahun ini. Hal ini diutarakan oleh CEO Ducati Course Claudio Dominecalli. Menurutnya dengan perubahan kapasitas mesin menjadi 800cc, akan membawa keuntungan bagi Honda. Dominecalli melihat transisi Honda dari mesin 2 tak menjadi mesin 990cc di tahun 2002, sukses membawa Valentino Rossi memenangkan 14 dari 16 seri yang digelar tahun itu.

Namun dominasi Honda mampu di patahkan oleh Ducati, ketika tim pabrikan terkecil tersebut membalikan keadaan dengan mendominasi balapan musim 2007. di tunggangi pembalap muda asal Australia, Casey Stoner, Ducati mampu memenangkan 10 dari 18 seri yang di pertandingkan.

“Honda patut di perhatikan oleh Ducati, mengingat pabrikan Jepang tersebut memiliki kapasitas teknik yang di nilai tidak dapat di jelaskan” ujar Domenicalli.menurutnya Honda bisa saja melakukan kesalahan sekali, namun amat sulit untuk membuatnya mengulang kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Meskipun penampilan Honda amat menjanjikan di akhir musim 2007, untuk musim ini Honda akan menggunakan motor barunya RC212V. Balapan 2008 sudah pasti akan lebih menarik di lihat, mengingat semua timakan bekerja keras untuk menangkal rivalnya masing-masing.
(Sumber : Indonesianracing.com)

Randy de Puniet Pulih dari Cedera

| | 0 komentar |


Pembalap Honda LCR, Randy de Puniet akan kembali ke lintasan setelah pulih dari cedera. De Puniet, akan melakukan beberapa uji coba hingga Febuari mendatang atau menjelang MotoGP Qatar yang berlangsung pada 9 Maret mendatang.

De Puniet dan timnya akan terbang ke Malaysia, untuk menjalani uji coba di Sirkuit Sepang selama tiga hari yakni 22, 23 dan 24 Januari mendatang. Setelah itu, mereka ke Phillip Island (Australia) pada 30, 31 Januari dan 1 Febuari.

Adapun tes resmi MotoGP akan dilakukan di Sirkuit Jerez de la Frontera (Spanyol pada 16, 17 dan 18 Febuari dan berlanjut ke Doha (Qatar) yakni pada 28, 29 dan 30 Maret mendatang.

De Puniet mengaku sudah tidak sabar untuk melakukan uji coba. "Saya sudah cukup lama beristirahat. Pasalnya, MotoGP musim depan akan sangat lama dan ketat. Jadi, saya habiskan waktu hari natal dengan keluarga dulu menjelang musim 2008," jelas pembalap asal Prancis itu seperti dikutip MotoLive, pada Selasa (15/01/08).

Selasa, 22 Januari 2008 | | 0 komentar |



Jadwal MotoGP 2008






  • 9 Maret – GP Qatar, Doha – Sirkuit Losail
  • 30 Maret – Spanyol - Jerez de la Frontera
  • 20 April - Portugal - Estoril
  • 4 Mei – China – Shanghai
  • 18 Mei - Prancis - Le Mans
  • 1 Juni – Italy – Mugello
  • 8 Juni - Catalunya – Catalunya
  • 22 Juni – Inggris - Donington Park
  • 28 Juni 28 – Belanda – Assen**
  • 13 Juli – Jerman – Sachsenring
  • 20 Juli – Amerika* - Laguna Seca
  • 17 Agustus - Czech - Brno
  • 31 Agustus - San Marino - Misano
  • 14September - Indianapolis – Indianapolis
  • 28 September – Australia - Phillip Island
  • 5 Oktober - Jepang - Motegi
  • 19 Oktober– Malaysia – Sepang
  • 2 November - Valencia - Ricardo Tormo

  • | | 0 komentar |


    Susunan Pembalap MotoGP 2008



    Akhirnya 3 sadel kosong di MotoGP terisi. Shinya Nakano, Toni Elias dan Randy de Puniet tak jadi terdepak. Musim 2008 nanti, mereka mengisi tiga sisa sadel di tim Honda dan Ducati. Shinya bareng tim Honda Gresini, De Puniet membela Honda LCR. Sedang Elias mengikuti jejak rekan setimnya ke Ducati. Elias gabung tim Pramac d’Antin.
    Meski begitu, tim Kenny Roberts belum pasti ikut musim depan. Mereka masih mencari suplier mesin. Jika tidak dapat, kemungkinan tim asuhan Abah Kenny ini akan cabut ke World Superbike.

    Yang menarik, musim 2008 ada 4 rookie di MotoGP. Tiga lulusan GP250 dan seorang jebolan World Superbike. Dari GP250 nongol nama Alex de Angelis, Andrea Dovizioso, dan Jorge Lorenzo. World Superbike menyumbang James Toseland.

    Pembalap yang tergusur adalah Alex Barros (Pramac d’Antin), Carlos Checa dan Makoto Tamada. Checa hampir pasti pindah ke tim Ten Kare Honda di World Superbike. Sementara Barros dan Tamada belum jelas masa depannya.
    Yang disepak musim ini adalah Alex Hofmann dan Olivier Jacques. Mereka digusur saat musim 2007 belum berakhir. Hofmann dipecat tim Pramac d’Antin lantaran menolak balap di Motegi. Sedang Jacques didepak Kawasaki Racing Team karena cidera berkepanjangan.


    DUCATI MARLBOROCasey Stoner
    Marco Melandri (Ex. Honda Gresini)
    FIAT YAMAHA
    Valentino Rossi
    Jorge Lorenzo (GP250)
    REPSOL HONDA
    Nicky Hayden
    Dani Pedrosa
    RIZLA SUZUKI
    Loris Capirossi (Ducati Marlboro)
    Chris Vermeulen
    KAWASAKI RACING
    John Hopkins (Rizla Suzuki)
    Anthony West
    YAMAHA TECH 3
    Colin Edwards (Fiat Yamaha)
    James Toseland (WSBK)
    HONDA GRESINI
    Shinya Nakano (Kawasaki Racing)
    Alex de Angelis (GP250)

    | | 0 komentar |


    Moto GP Jepang : Rossi Uji Motor 2008



    Motegi - Sehari setelah kegagalan di Moto GP Jepang, Fiat Yamaha langsung menggelar persiapan untuk musim depan. Motor baru untuk tahun 2008 pun diujicoba oleh Valentino Rossi.

    Yamaha tak mau tenggelam terlalu lama meratapi kegagalan dua musim berturut-turut mengantarkan Rossi menjadi juara dunia. Di sirkuit Motegi Senin (24/9/2007) waktu setempat, Yamaha mengeluarkan prototipe motor yang akan mereka gunakan untuk musim 2008.

    Diberitakan Motorcyclenews, Selasa (25/9/2007), tunggangan baru milik Yamaha memiliki sasis yang sepenuhnya baru juga lengan ayun dan body motor. Sepanjang Senin kemarin Rossi menguji coba dua motor dengan spesifiksi yang berbeda, namun kemudian diketahui kalau motor dengan katup pneumatic (air control) untuk musim 2008 masih dalam pengembangan dan belum termasuk yang diujicoba.

    Yamaha yang tertinggal sangat jauh dibanding Ducati musim ini tampak serius mengembangkan motor untuk musim depan. Rossi juga sempat menguji coba dengan motor yang dipakainya musim ini.

    “Kami memiliki dua sasis untuk diuji coba tahun depan. Kami menggunakan mesin yang sama dengan yang saya gunakan di balapan jadi saya bisa membuat perbandingan langsung dengan sasinya. Sasisnya tidak bermasalah, kami harus lebih memperhatikan mesin, itu masalah kami,” ungkap Rossi.

    Dari 15 seri yang sudah digelar musim ini, Ducati mampu merebut sembilan gelar juara. Sementara Yamaha cuma kebagian empat. Untuk kali kedua secara beruntun, Rossi gagal merengkuh gelar juara dunia.

    | | 0 komentar |


    JELANG MOTOGP 2008 : ROSSI SENDIRIAN MEMAKAI BRIGESTONE


    Valencia - Keinginan Valentino Rossi untuk memakai ban Bridgestone akhirnya dikabulkan Yamaha. Namun tiga pembalap Yamaha lainnya akan tetap menggunakan ban bermerek Michelin.

    Rossi memang sudah putus asa dengan Michelin. Faktor ban inilah yang diduga membuat Rossi tak mampu menjadi juara dunia Moto GP dalam dua tahun terakhir. Maka akhirnya Rossi pun berpisah dengan ban yang sudah dipakainya sejak awal karirnya di GP 500 / Moto GP tahun 2000 lalu.

    Selain pergantian ban, Yamaha juga melakukan pergantian pembalap. Juara dunia 250cc Jorge Lorenzo akan datang menggantikan Colin Edwards sebagai pembalap tim pabrikan. Sementara Edwards tergusur ke tim satelit Yamaha Tech3 dan berpasangan dengan James Toseland.

    Sepertinya perlakuan khusus memang diberikan oleh Yamaha kepada Rossi. Buktinya, tim “Garpu Tala” itu hanya memakaikan Bridgestone di motor Rossi. Motor Lorenzo masih akan dibalut ban Michelin. Selain itu, dua motor Tech3 yang akan ditungganggi Edwards dan Toseland juga masih akan memakai jasa ban asal Prancis itu.

    “Untuk memastikan kerahasiaan data dari dua pabrikan ban di tim Yamaha, maka akan dibuat dua buah box pit yang terpisah untuk Rossi dan Lorenzo. Namun Yamaha akan beroperasi dan berlomba sebagai sebuah tim,” demikian bunyi pernyataan Yamaha seperti ditulis Crash, Senin (5/11/2007).

    VERMEULEN GETS SHEENE'S NUMBER IN MOTOGP

    | | 0 komentar |

    Rizla Suzuki MotoGP’s Australian star Chris Vermeulen will run a new racing number on the front of his machine in 2008, using the number seven made famous by Suzuki’s double World Champion Barry Sheene.


    Vermeulen will have the iconic crossed seven on his Rizla Suzuki GSV-R from the start of the forthcoming season and will be hoping that the new number will spur him on to similar success as that enjoyed by his hero and mentor Sheene.

    The 25-year-old Queenslander came to Europe to race in 2000, following the advice of Sheene, and he has always had an ambition to run the number seven on a Suzuki as a tribute to the 1976 and 1977 500cc World Champion, who lost his life to cancer in 2003. He has used 71 on his race machines in his first two seasons of MotoGP racing with Suzuki and when the chance came to change to seven – following Carlos Checa’s departure from the Championship – Vermeulen jumped at the opportunity.

    Vermeulen will race with his new number for the first time at Losail in Qatar on Sunday 9th March in the opening round of the 2008 MotoGP World Championship, when he will be joined by new team-mate Loris Capirossi who will still be using his familiar number 65 when he makes his debut onboard the Rizla Suzuki GSV-R.

    MotoGP 2008 entry list: Stoner number one

    | | 0 komentar |

    The provisional entry list for the 2008 MotoGP World Championship has confirmed that Casey Stoner intends to ride with the #1 plate next season.

    The 22-year-old Australian claimed his and Ducati’s first premier-class crown wearing the #27, but will - like Nicky Hayden before him - defend his title with the world champion’s digit.

    The #1 was absent from MotoGP from 2001-2005, when champion Valentino Rossi chose to retain his famous #46. As expected, Hayden will return to the #69 for 2008.

    Stoner’s fellow Australian, Chris Vermeulen, will also change his racing number next year - the Rizla Suzuki star switching to a Barry Sheene inspired #7, which was previously taken by Carlos Checa.

    Of the four class rookies, double World Superbike champion James Toseland will stick with his familiar #52, while double 250cc champion Jorge Lorenzo will revert to his old #48. Alex de Angelis will run the #3, last used in the class by Max Biaggi, while Andrea Dovizioso has inherited the #4 previously used by Alex Barros.

    The entry list also confirms that Team Roberts is yet to secure its MotoGP future, while Ilmor - which disappeared from the gridafter the opening round of 2007 - shows no signs of attempting a return. There are thus currently only 18 confirmed riders.

    The only new title sponsor to appear on the list is Alice, which has acquired the naming rights for d’Antin Ducati.


    The full provisional 2008 MotoGP entry list can be seen below:


    #1 Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team


    #3 Alex de Angelis RSM Honda Gresini


    #4 Andrea Dovizioso ITA Jir Scot Team


    #5 Colin Edwards USA Yamaha Tech 3


    #7 Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki Motogp


    #13 Anthony West AUS Kawasaki Racing Team


    #14 Randy de Puniet FRA Honda LCR



    #21 John Hopkins USA Kawasaki Racing Team


    #24 Toni Elias SPA Team Alice


    #26 Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team


    #33 Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team


    #46 Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team


    #48 Jorge Lorenzo SPA Fiat Yamaha Team


    #50 Sylvain Guintoli FRA Team Alice


    #52 James Toseland GBR Yamaha Tech 3


    #56 Shinya Nakano JPN Honda Gresini



    #65 Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki Motogp


    #69 Nicky Hayden USA Repsol Honda Team


    #TBA To Be Advised TBA Team Roberts


    #TBA To Be Advised TBA Team Roberts

    Rossi denies Yamaha exit

    | | 0 komentar |

    Former world champion Valentino Rossi has dampened speculation he is close to leaving Yamaha and expects to be more competitive in MotoGP this year on his new Bridgestone tyres.

    The Italian, who was a disappointing third last season behind champion Casey Stoner and Dani Pedrosa, has switched to Bridgestone from Michelins.

    A winner of seven world titles, his finish outside the top two for the first time in any category since his rookie season in 1996 also led Rossi to hint at a move to Ducati last year.

    But he was back in buoyant mood at the launch of Yamaha’s new M1 bike on Friday.

    “This is a very important year as we have got to try to be competitive again. I think we have great potential. We should have learntfrom last year’s mistakes,” Rossi told a packed auditorium in Turin. “My dream is to end my career with Yamaha. If we have a competitive bike it is possible tocontinue to the end. I hope I’ll be riding for many years to come.”

    Yamaha will be in an unusual situation this season with Rossi on Bridgestones and new team mate Jorge Lorenzo, Spain’s 250cc double world champion, riding on Michelins.

    Team officials said tyre data on the two bikes would be kept separate to avoid the sort of spy scandal which dogged Formula One last season when McLaren obtained Ferrari information.

    “We made a courageous decision and now we’ll have to see whether we were right or not. The tyre decision was quite a gamble,” Rossi said.

    The 28-year-old will be fit for the first race in Qatar on March 9 despite breaking bones in his right hand in a crash in qualifying for November’s season-ending Valencia Grand Prix.

    “My hand is not too bad, I had it X-rayed yesterday as the little finger still hurts. There is a ligament that is not quite right, but it shouldn’t bother me riding the bike,” he said.

    Qatar will be the first MotoGP race held at night and Rossi is still not convinced about the decision.

    “At the moment I don’t like the idea of riding at night. But if the lights work well it will be good,” added Rossi, who also said he thought MotoGP would one day take Formula One’s lead and dump some of the electronics used to aid riders.

    England football coach Fabio Capello became the latest Italian sport personality to be named in a tax probe this week. Rossi is also being investigated over his decision to reside in Britain.

    “I am becoming an expert on taxation. We are talking a lot and trying to find a solution as quickly as possible,” he said.

    Former Moto GP champion Rossi crashes in Malaysia

    | | 0 komentar |

    KUALA LUMPUR (AFP) - Moto GP icon Valentino Rossi crashed on the first day of pre-season testing at Malaysia’s Sepang circuit, clearly rusty after a long layoff due to injury, organisers said Tuesday.

    The seven-time world champion has been out of action since fracturing his right hand in three places during a qualifying crash at the Valencia Grand Prix in Spain in November.

    Sporting a new crew-cut hairstyle, Rossi returned to the track aboard his new 2008 YR-M1 machine but his gestures to his Fiat Yamaha team showed he was not happy with the handling of the bike, organisers said.

    “Entering his 20th lap at noon, Rossi crashed at the entry of the sharp Turn 2 after his front wheel gave in,” they said in a statement.

    The Italian rider jumped off his bike to escape injury and then walked back and picked up the fallen machine.

    “As he rode slowly to the pits (Rossi) was seen holding his left hand with the new machine badly dented on the right side,” it added.


    Rossi, who won five world titles in a row from 2001-2005, has struggled in the past two seasons, seeing American Nicky Hayden win in 2006 then Australian Casey Stoner triumph in style last year.

    His new team-mate Jorge Lorenzo also had a crash in a disappointing session for Fiat Yamaha. Rossi clocked the eighth fastest time of 2 minutes 3.295 seconds while Lorenzo was fifth fastest with 2 minutes 2.871 seconds.

    Stonor went out on the morning practice run but did not finish the lap.

    Honda’s Dani Pedrosa clocked the fastest time of 2 minutes 1.864 seconds despite also crashing at turn one.

    The Sepang tests will run for three days until Thursday. Afterwards they will shift to Phillip Island in Melbourne before returning to Sepang on February 4-6 for a second round of testing.